Selamat datang di portal Desa Lombang

Bangun Mimpi Anak Pesisir Pantai Lombang

Kamis, 10 Agustus 20170 komentar

Pantai merupakan bagian daratan yang terdekat dengan laut. Perbatasan daratan dengan laut seolah-olah membentuk suatu garis yang disebut sebagai garis pantai. Kondisi dan bentuk pantai tidaklah sama di setiap tempat. Hal ini dipengaruhi oleh tekstur tanah di tiap daerah yang berbeda. Sedangkan pesisir merupakan bagian dari permukaan bumi yang terletak antara pasang naik dan pasang surut. Pada waktu pasang naik, maka daerah pesisir akan tertutup oleh air laut. Sedangkan pada waktu pasang surut maka akan nampak berupa daratan.
Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 13.000 pulau.Indonesia disebut sebagai negara maritim karena sepertiga wilayahnya terdiri dari daerah perairan dan memiliki garis pantai sepanjang sekitar 81.000 km. Sebagai negara maritim, Indonesia lebih banyak memiliki batas laut dibandingkan dengan batas daratnya. Dari pemaparan tersebut maka dapat dikatakan bahwa jumlah pantai di Indonesia sangatlah banyak.
Salah satu pantai yang ada di Indonesia adalah Pantai Lombang yang terletak di Desa Lombang Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Pantai Lombang mulai dikenal khalayak umum pada tahun 2000. Pantai Lombang merupakan pantai yang terkenal di Kabupaten Sumenep. Di daerah sekitar pantai juga banyak ditumbuhi oleh tanaman pohon cemara udang dengan tinggi rata-rata 4 meter. Dengan adanya banyak pohon cemara udang akan menunjang suasana di pantai yang menjadi semakin sejuk dengan semilir angin yang segar.
Wilayah Desa Lombang sendiri terletak sekitar 11 km dari Kecamatan Batang-Batang dan sekitar 31 km dari Kabupaten Sumenep dengan daerah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah barat berbatasan dengan Desa Bilangan, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Nyabakan Timur dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Bungin-Bungin Kecamatan Dungkek.  
Walaupun berada di daerah pesisi pantai, tetapi mayoritas pekerjaan masyarakat Desa Lombang adalah bekerja sebagai petani kelapa dan semangka. Mereka lebih memilih untuk memanfaatkan lahan yang berada disekitar rumah mereka yang ditanami kelapa dan semangka daripada pergi berlayar karena menurut mereka bekerja sebagai petani lebih menjanjikan dibandingkan dengan bekerja sebagai nelayan. Alasannya karena bertani sudah dapat diprediksikan waktu panen dan hasil yang diperoleh, sedangkan jika bekerja sebagai nelayan, mereka belum bisa menentukan hasil perolehan ikan yang didapat tiap kali berangkat berlayar. Selain itu juga dipengaruhi oleh faktor alam.
Kebanyakan dari masyarakat Desa Lombang hanya lulusan dari SD dan SMP. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang tidak bersekolah dan penduduk yang telah menyandang gelar sarjana sementara ini hanyalah berjumlah 1 orang saja.
Masyarakat di Desa Lombang masih kurang dalam hal memajukan pendidikan. Hal ini terbukti dengan hanya adanya 1 sekolah saja di Desa Lombang. Dengan hanya adanya 1 sekolah saja, tidaklah seimbang dibandingkan dengan daerah Desa Lombang yang sangat luas.
Karena masih kurangnya antusias masyarakat dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mini inspirasi sangat relevan untuk dilaksanakan di SDN Lombang. Mini inspirasi merupakan kegiatan memberikan inspirasi kepada siswa SD tentang berbagai macam profesi. Diharapkan dengan adanya mini inspirasi tersebut anak anak termotivasi untuk meraih cita-citanya dan memiliki keinginan melanjutkan sekolah. Mini inspirasi ini sebenarnya bisa di bilang mirip dengan kelas inpirasi perbedaanya adalah kelas inspirasi mendatangkan berbagai macam profesi secara langsung seperti akuntan, dokter, koki, pengacara dst. Namun, karena keterbatassan waktu kegiatan ini hanya mengenalkan profesi lewat media gambar, gambar ini berisi tentang berbagai macam profesi yang sudah banyak dikenal mereka maupun yang belum dikenal mereka.

Mini insprasi yang diadakan di SDN Lombang mendapatkan antusias yang sangat tinggi dari murid SDN Lombang maupun dari guru mereka. Hal ini terbukti dari antusias mereka saat kegiatan ini dilakukan banyak dari mereka yang aktif bertanya tentang berbagai macam cita cita mereka. Sebelum kegiatan ini dilakukan hampir sebagian siswa di SDN Lombang tidak tahu atau tidak memiliki cita cita bahkan sebagian juga dari siswa tersebut ada yang beberapa tidak ingin melanjutkan sekolah. Semoga setelah adanya kegiatan mini inspirasi ini diharapkan anak anak terinspirasi dan memiliki bayangan bahwa mereka harus selalu mengejar pendidikan setinggi-tingginya agar cita-cita yang mereka impikan bisa tercapai.
Share this article :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2017. Desa Lombang
Kec. Batang Batang Kab. Sumenep
Tampilan dibuat oleh Creating Website Dimodifikasi oleh CaraGampang.Com
Dengan bangga didukung oleh Blogger